Saturday, April 6, 2013

LAPORAN PRAKTIKUM GENETIKA PELUANG

PELUANG
A.    Tujuan
-          Mengetahui dan memahami teori peluang genetika.
-          Mengetahui peluang yang terjadi pada pelemparan 100x mata uang Rp.100
-          Mengetahui peluang yang terjadi pada benik genetika 1 sifat beda(monohibrid)
-          Mengetahui peluang yang terjadi pada benik genetika dengan dua sifat beda(dihibrid)
-          Mampu membuat tabel dari percobaan yang telah dilakukan.
-          Mampu menghitung data dengan menggunakan teknik chi kuadrat.
-          Mampu menarik kesimpulan berdasarkan praktikum yang dilakukan.
Memahami prinsip-prinsip probabilitas yang melandasi genetika.
Membuktikan teori kemungkinan

Probabilitas adalah kemungkinan peristiwa yang diharapkan, artinya antara yang diharapkan itu dengan peristiwa yang mungkin terjadi terhadap suatu objek. Sebagai contoh kita dapat melemparkan mata uang, maka kemungkinan yang akan terjadi : uang dengan permukaan huruf (H) atau dengan permukaaan gambar uang (G). bila mata uang dilempar beberapa kali diharapkan hasil lemparan tersebut ½ nya H dan ½ G. Aplikasi dari probailitas ini dapat dihubungkan dengan pembastaran atau sifat tanda beda. Bila XY menghasilkan sel kelamin, ½ nya akan membentuk gamet yang mengandung X dan Y saja. (Ruyani, A. 2011).

Probabilitas atau peluang adalah suatu nilai diantara 0 dan 1 yang menggambarkan besarnya kesempatan akan muncul suatu hal atau kejadian pada kondisi tertentu. Bila nilai peluang 0 berarti kejadian tak pernah atau mustahil terjadi, bila nilai peluang 1 maka kejadian tersebut dapat dikatakan selalu atau pasti terjadi. (Suryati, 2011).
Dalam kehidupan sehari-hari kita jumpai banyak peristiwa dimana kemungkinan/ kebolehjadian/ peluang/ probabilitas mengambil peranan penting. Beberapa contoh:
1.     Sebelum kita hendak berpergian, kita menengok dahulu ke udara, apakah kiranya akan turun hujan atau tidak, sehingga kita perlu membawa payung atau tidak.
2.     Seorang mahasiswa yang menanti pengumuman hasil ujian kemungkinan lulus ataukah tidak.
3.     Seorang ibu yang hendak melahirkan juga menghadapi kemungkinan apakah akan mendapat seorang anak laki-laki atau perempuan.
Masih banyak contoh lainnya semacam itu. Dalam ilmu genetika memisahnya gen-gen dari induk/ orang tua ke gamet-gamet pun tidak luput dari kemungkinan. Demikian pula bersatunya gamet-gamet yang membawa gen, menghadapi berbagai kemungkinan. (Suryo, 1990).
Berhubung dengan itu perlu dikenal beberapa hokum probabilitas yang diperlukan dalam ilmu genetika. Yaitu:

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA DOWNLOAD DISINI

0 comments:

Post a Comment