Wednesday, November 6, 2013

TRIK MENCARI IDE DALAM PEMBUATAN BERBAGAI KARYA TULIS

      Seringkali kita mengalami kebuntuhan ide ketika dihadapkan dengan karya tulis. Yang terjadi yaitu kita akan pusing apabila otak kita selalu dipaksa untuk mencari sebuah ide gagasan yang sekiranya menarik untuk dijadikan sebagai sebuah karya tulis.
 sebelum lanjut ke trik mencari ide dalam pembuatan karya tulis aku akan sedikit cerita tentang pengalaman pertama saat hal ini terjadi pada diri saya sendiri. pengalaman memusingkan pertama terjadi pada saat aku kelas 3 SMA. Saat itu semua siswa kelas 3 dibebani tugas Akhir yaitu membuat sebuah karya ilmiah sesuai bidanng ilmu yang ditekuni, kebetulan saat itu aku di jurusan IPA.
Yang ada dalam pikiranku saat itu yaitu sebuah pembuatan penelitian yang semuanya berbau ilmiah dan laboraturium. Namun setelah aku baca-baca buku, dan mengikuti berbagai pelatihan tentang teknik-teknik menulis aku baru sadar bahwa menulis itu tidak susah, asalkan ada kemauan.
Adapun hal yang perlu dimiliki oleh seorang penulis sebelum menulis yaitu:

  1. kemauan yang kuat -hal ini adalah modal utama yang harus dimiliki oleh seorang penulis. kalaupun dia mempunyai bakat yang bagus dalam menulis tetapi dia tidak punya kemauan dia tidak akan bisa menjadi seorang penulis
  2. wawasan -seorang penulis harus mempunyai wawasan yang luas, wawasan tidak hanya terbatas pada saat kita baca buku ataupun saat kita menonton berita diTV melainkan wawasan yang sesungguhnya yaitu sebuah pemahaman polapikir kita terhadap berbagai objek disekitar kita. misalnya benda, air, masyarakat dan sebagainya. semua hal tersebut bisa kita jadikan sebagai bahan penulisan kita.
  3. waktu -waktu juga sangat penting dan harus kita miliki ketika menulis. waktu disini bukan ketika kita meluangkan waktu khusus untuk menulis melainkan kapanpun kita berada ketika mempunyai waktu luang disitulah kita harus menulis entah itu 5 menit maupun 10 menit.
  4. kopi -sangatlah penting tersedia ketika anda memilih waktu malam hari untuk menulis.
jika semua hal diatas terpenuhi maka menulis bukanlah hal yang susah. kalaupun anda ingin menjadikan menulis itu sebuah pekerjaan atau profesi kunci utamanya yaitu IKHLAS. ada kata mutiara dariku 

TULISAN MERUPAKAN KARYA ABADI YANG TIDAK AKAN HILANG MAKA MENULISLAH KARENA TULISANMU AKAN LEBIH ABADI DARI PADA UMURMU

0 comments:

Post a Comment